Memulai Bisnis Sejak Bangku Sekolah (Part 1)

Luthfi kecil selalu berfikir tentang bagaimana mendapatkan uang. Luthfi pernah Gagal berbisnis saat di SD, dimana Luthfi pernah menjualkan laser namun dengan cara yang tidak tepat, akhirnya terkena hutang Rp 14.000 pada waktu itu, dimana Luthfi mendapat uang saku Rp 500 – Rp 1.000/harinya. Orang tua Luthfi sangatlah hebat, walau mereka mampu untuk melunasi hutang Luthfi kecil namun mereka tidak melunasinya. Melainkan mereka mendidik Luthfi untuk melunasinya sendiri dengan cara menabung bahkan hingga Luthfi tidak jajan ketika di sekolah SD. Dan Akhirnya Alhamdulillah Lunas.

Karena pendidikan yang diberikan Orang Tua Luthfi inilah, Luthfi lebih bertanggung jawab tentang uang.

Beranjak ke bangku SMP Ketika itu Luthfi membeli Update AntiVirus di Rental Komputer, dan menganggapnya itu Peluang. Luthfi mencoba membuat hal yang sama mencari Update AntiVirus dan menjualnya. Dan Alhamdulillah Tidak Laku, karena tidak ada yang beli akhirnya di GRATISKAN.

Luthfi diberikan sebuah game oleh temannya yang bernama Nico, dimana game ini bisa di edit dan dikembangkan. Luthfi mencoba develop sebuah game separuh opensource separuh proprietary, yang kemudian dijual dan beberapa keping copy CD Game yang didevelop ini terjual. Karena game ini abu-abu/samar-samar kejelasannya atau bisa dibilang separuh melanggar UU Hakcipta akhirnya Luthfi menghentikan proses develop game ini.

Bertemu dengan Didin, Luthfi diperkenalkan game Ragnarok Online yang menarik. Sebuah Game dimana kita dapat berinteraksi dengan pemain lainnya yang online diseluruh Indonesia. Didin adalah sahabat Luthfi mengkhayal ketika di SMP dimana mereka berdua mengkhayal mempunyai perusahaan besar seperti PT. Lyto Datarindo Fortuna dan Microsoft Corporation.

Bertemu dengan Avi Dianputra seorang Desainer Handal yang seumuran dengan Luthfi, dimana dia telah berhasil menawarkan beberapa kepingan CD hasil karyanya untuk dijual saat kelas 3 SMP. Dan Luthfi belajar darinya. Avi Dianputra pernah menjadi Freelance Designer di www.jogjavisual.com salah unit usaha Luthfi. Website Avi Dianputra saat ini www.detranium.com.

Ketika Lulus SMP Luthfi sering pergi ke warnet setiap harinya untuk bermain Game Ragnarok Online dan belajar bagaimana membuat website. Luthfi mempraktekkan yang ia dapat dari otodidak langsung diwarnet hingga Akhirnya jadilah situs Luthfi pertama kali pada sebuah web hosting Gratisan 30 MB. Ketika ini masih jaman Friendster Luthfi mengutak-atik CSS Friendster dengan menggunakan panduan yang ada di Google, hingga Akhirnya Luthfi menawarkan saja edit layout Friendster dan lagi-lagi ini digratiskan karena memang hobi Luthfi waktu itu utak atik ^^

Itulah pengalaman pertama Luthfi mempunyai website online dengan Hosting Gratisan, dimana kemudian Luthfi berbisnis website, web desain, web hosting, domain dll. Bersambung di artikel berikutnya…

Satu Balasan untuk “Memulai Bisnis Sejak Bangku Sekolah (Part 1)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *